Minggu, 13 September 2020

10 Manfaat Air Rendaman Ketumbar Bagi Kesehatan

Hi, teman2 kali ini aku mau membagikan sedikit resep ramuan alami yang sehat dan membuat tubuh kita bugar :

Bahan : 
- Ketumbar
- Air
- Sereh yang sudah digeprek

Cara : 

Rebus ketiga bahan tersebut sampai mendidih lalu seduh ke dalam gelas lalu campurkan dengan Madu Asli (sesuaikan rasa, kalau saya 2 sendok madu).

Tunggu sebentar supaya agak hangat, lalu minum air rebusan yang masih hangat tersebut. Boleh dinikmati di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. (2x sehari)

Ketumbar adalah salah satu rempah yang merupakan salah satu bumbu dasar berbagai masakan khas Indonesia. Selain memperkaya rasa masakan, ternyata ketumbar juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Selain bermanfaat sebagai penyadap rasa, ketumbar juga dapat membantu berbagai masalah tubuh yang terkait dengan kesehatan dan kecantikan. Dikutip dari doktersehat.com, berikut adalah 10 manfaat yang diperoleh dari air ketumbar.

1. Mengatasi gangguan pencernaan
Manfaat ketumbar yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Perawatan rutin menggunakan ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. Kandungan antioksidan yang ada dalam ketumbar tidak dapat membantu pergerakan usus dan membantu produksi sistem pencernaan.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Manfaat ketumbar yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ketumbar memiliki sifat anagetik sehingga dapat membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat antibakteri yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena salah satu penyabab utama masalah gigi dan mulut adalah bakteri.

3. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri
Selain dapat mengatasi infeksi bakter, manfaat ketumbar lainnya adalah dapat mengatasi infeksi jamur. Manfaat ini memmbuat ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit bakteri dan jamur.

4. Baik untuk penderita diabetes
Manfaat ketumbar selanjutnya adalah baik untuk penderita diabetes. Rempah yang memiliki kandungan serat tinggi ini ternyata dapat bekerja untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang baik untuk dikonsumsi penderitas diabetes. Meskipun begitu, sangat disarankan untuk penderita diabetes tetapiksakan kadar gula darahnya secara rutin indikator penggunaan ketumbar ini.

5. Mengatasi wasir
Manfaat ketumbar lainnya adalah untuk mengatasi wasir. Seperti yang sudah berlalu sebelumnya, ketumbar ampuh untuk mengatasi atau konstipasi, yang merupakan salah satu penyebab dari wasir. Selain melancarkan buang air besar, sifat analgesik dari ketumbar juga mungkin dapat meredakan nyeri akibat wasir.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Ketumbar juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini lah yang membuat pernyataan tentang manfaat rebusan ketumbar untuk jantung. Kolesterol jahat dalam darah dapat membantuk plak yang nantinya akan menghambat darah dan mengganggu fungsi jantung.

7. Meringankan nyeri sendi
Meringankan nyeri sendi juga diklaim sebagai salah satu manfaat ketumbar. Manfaat satu ini masih berhubungan dengan sifat analgesik dan kandungan asam linoleat dari ketumbar. Selain meringankan nyeri sendi, ketumbar juga dipercara dapat meringankan sakit akibat hernia. Namun manfaat ini kemungkinan hanya sekedar untuk meringankan gejala saja, bukan untuk mengatasi penyabab utama penyakit.

8. Mengatasi batuk dan pilek
Ketumbar juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi batuk dan pilek. Manfaat ketumbar satu ini didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini lah yang membuat ketumbar tidak dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

9. Menjaga kesehatan kulit
Ketumbar juga tidak memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit. Antibakteri dalam ketumbar mampu mengatasi jerawat. Selain itu, ketumbar juga tidak dapat mengatasi kulit berminyak, meremajakan kulit, hingga mencerahkan kulit. Ketumbar juga tentunya dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan infeksi.

10. Manfaat ketumbar untuk rambut lebih lebat
Selanjutnya ada juga manfaat ketumbar untuk rambut. Ketumbar dapat membantu menguatkan akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jadi selain mencoba kemiri yang sudah sering digadang-gadang sebagai rempah yang baik untuk rambut, sekarang Anda juga bisa mencoba ketumbar dan melihat sendiri efeknya pada rambut Anda.

Cara menggunakan ketumbar sebagai obat herbal adalah dengan cara meminum air rendaman atau rebusannya. Cara lainnya tentunya adalah dengan cara menambahkan ketumbar dengan jumlah yang lebih banyak ke dalam masakan, Namun, tidak berlebihan. Boleh juga dicampur dengan sereh plus dicambur madu, menurut saya lebih enak diminum dengan ramuan mixing begini supaya menghilangkan rasa hambar atau pahitnya. Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar: